Mengetahui Perbedaan Cumi-cumi, Sotong dan Gurita

Cumi-cumi, sotong dan gurita merupakan hewan laut yang masuk dalam kategori Cephalopoda. Ketiganya sama-sama mempunyai lengan di bagian kepalanya. Selain itu, mereka juga merupakan memiliki lidah bertekstur kasar juga paruh, dan sepasang mata yang tajam dan termasuk golongan pemakan daging. Perbedaannya antara lain sebagai berikut: 

1. Cumi-cumi
Cumi-cumi memiliki bentuk tubuh yang agak panjang dan runcing. Cangkangnya berbentuk seperti tangkai berfungsi melindungi organ dalam serta bagian luar cangkangnya memiliki sepasang sirip di dekat ekornya. Selain itu ia memiliki delapan lengan dan dua tentakel dekat kepalanya. Cumi-cumi bergerak dengan cara berenang seperti hewan laut lainnya serta mencari makan. Ketika makan, ia akan mencabik-cabik dan menelan makanannya. cumi-cumi mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulitnya dan ia memiliki cairan hitam berfungsi untuk melindungi dirinya. Biasanya ia akan menyemprotkan jika ia merasa terancam oleh predator yang lain. Makanan cumi-cumi ini yaitu ikan-ikan kecil. Cumi-cumi juga berkembang biak dengan cara bertelur. 

Gambar 1. Cumi-cumi

2. Sotong
Sotong mempunyai banyak kesama dengan cumi-cumi baik dari bentuk tubuh, jumlah lengan dan tentakel, letak ekor, cara bergerak serta makan sehingga terkadang masyarakat susah membedakannya. Perbedaan antar kedua hewan ini terletak pada kemampuan khusus dan bentuk cangkangnya. Selain dari warna kulitnya ia juga bisa mengubah tekstur kulitnya. Sedangkan bentuk cangkang agak pipih seperti perisai. Sotongbisa hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau. Sotong dapat ditemukan di hampir semua badan perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air laut pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Gambar 2. Sotong

3. Gurita
Di bandingkan dengan cumi-cumi dan sotong, Gurita relatif memiliki lebih banyak perbedaan. Gurita mempunyai tubuh agak bulat dan pendek. Seperti halnya cumi-cumi dan sotong, gurita juga memiliki delapan lengan yang berada dekat kepalanya tetapi tidak mempunyai tentakel dan sirip. Gurita bergerak menggunakan lengannya dengan cara berenang juga merayap di dasar laut. Gurita makan dengan cara menghisap cairan tubuh mangsanya. Sama seperti sotong, gurita dapat mengubah warna tekstur kulitnya. Tapi berbeda dengan cumi-cumi dan sotong, gurita tidak memiliki cangkang dalam.
Gambar 3. Gurita