Penyakit White Spot Ikan

White spot(bintik putih) atau lebih di kenal dengan “ich” adalah suatu penyakit yang menyebabkan masalah yang sangat besar bagi para pembudidaya terutama pada ikan akuarium. Ikan akuarium lebih cepat rentan terhadap penyakit yang bersumber dari lingkungannya. Hal ini di sababkan karena akuarium bukanlah lingkungan asli tempat tinggal ikan tersebut.

Selain itu, karena sering berkontraksi dengan ikan lain sehingga menularkan berbagai penyakit. White spot di sebabkan oleh parasite berbahaya yang dapat menular kesemua jenis ikan. Biasanya penyakit ini bisa muncul pada bagian tubuh, sirip, dan insang ikan dalam bentuk bercak putih yang terlihat seperti garam.

Salah satu gejala yang bisa kita lihat saat ikan sudah terkena penyakit white spote adalah kesulitan untuk bernapas. Karena ikan kekurangan oksigen, maka tingkahlaku ikan akan berubah secara otomatis. Ikan tersebut akan megap-megap pada permukaan air untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak. Ini di sebabkan oleh Ich yang menempel pada insang menyulitkan ikan untuk menyerap oksigen dari air. Bukan hanya itu saja, ikan akan kehilangan rasa nafsu makan.

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala jika ikan sudah terkenal white spote. Bahkan bukan hanya tidak memiliki nafsu makan, melainkan ikan tersebut akan memuntahkan makanannya sendiri. Hal ini bisa jadi pertanda ikan tersebut sakit ataupun stress. Ikan juga agak tampak mengosok-gosok tubuhnya di akuarium/kolam. Ini di sebabkan karena parasite yang menempel di tubuhnya.

Ikan yang sudah terkena white spot(ich) biasanya suka menyendiri layaknya hewan yang sedang sakit. Ikan akan menyembunyikan diri dari ikan lainnya dan perubahan tingkahlaku akan terjadi seperti aktivitas ikan berkurang.



Cara mengobati penyakit white spot pada ikan antara lain:

        1. Menaikan suhu air hingga mencapai 300C

2. Meningkatkan jumlah oksigen dalam akuarium

3. Pada ikan air tawar, gunakan garam 1 sdm pada 4 L air.

4. Lakukan pergantian air setiap hari sebanyak 25% perhari.

5. Menggunakan produk obat khusus penyakit white spote ikan

6. Menggunakan tembaga untuk ikan air laut

7. Menggunakan Malachite green

8. Menggunakan Formalin

9. Mengkarantinakan ikan selama 14-21 hari

10. Menggunakan jaring yang berbeda pada setiap akuarium

11. Beli tanaman yang tidak di tinggali ikan sebelumnya

SUMBER: 
https://id.wikihow.com/Mengobati-Penyakit-Bintik-Putih-(Ich)-pada-Ikan-Tropis