SEJARAH IKAN NILA (Oreochromis Niloticus)

Ikan nila merupakan salah satu komoditas budidaya ikan air tawar yang banyak sekali di gemari oleh masyarakat terutama indonesia. Menurut sejarahnya, ikan nila telah berimigrasi di habitat aslinya yaitu sungai Nil di Uganda (bagian hulu sungai Nil) bagian selatan melewati Danau Raft dan Tanganyika hingga ke Mesir (Sungai Nil). 
Ikan nila pertama kali di introduksikan dari Afrika, tepatnya di Afrika bagian timur, pada tahun 1969. Nila juga banyak terdapat di afrika bagian tengah dan bagian barat pada kolam-kolam ikan di Chad dan Nigeria. Dengan bantuan dari manusia, sekarang ikan nila bisa menyebar ke seluruh pelosok dunia mulai dari Benua Afrika, Amerika, Eropa, Asia dan Australia.
Di Indonesia sendiri ikan nila di datangkan dari Taiwan ke Balai Penelitian Perikanan Air Tawar, Bogor pada tahun 1969. Kemudian, ikan nila mulai di sebarluaskan di beberapa daerah lain di Indonesia. Nama ikan nila di berikan oleh Direktur Jendral perikanan pada tahun 1972 sesuai dengan nama spesiesnya yaitu nilotica. Nama Ilmiah ikan nila adalah Oreochromis Niloticus